Monday, September 12, 2011

Totto-chan (gadis cilik di jendela)


Buku karangan Tetsuko Kuroyanagi yang ditulis berdasarkan kisah nyata pengalaman pendidikan ini telah memberikan banyak inspirasi untuk para pendidik di seluruh dunia, bukunya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, buku asli jepang ini telah bnyak mendapatkan banyak penghargaan.hanya dengan sebuah tulisan kita bisa mengispirasi bnyak orang...wahh keren dechh

siapa sich yang tau novel totto chan ini??pasti banyak yang tau tentunya..
tapi bagi yang belum tau ya gpp aku mau bercerita dIsini...
"Totto chan adalah gadis cilik yang ingin tau segala hal, dia selalu penasaran terhadap sesuatu hingga membuat guru dan kelapa sekolah gerah atas kelakuanya yang dianggap tidak wajar dia selalu bertanya hal-hal yang tidak bisa dijawab oleh gurunya sehingga totto chan dianggap sebagai anak yang nakal.akhirnya totto chan dikeluarkan dari sekolahnya... ibunya yang sabar memindahkan totto chan ke sekolah yang baru, tanpa memberitahunya bahwa dia telah dikeluarkan. dan akhirnya ibunya mendaftarkanya di sebuah sekolah yang ruang kelasnya adalah sebuah gerbong kereta api, yaitu sekolah tomoe, totto chan sangat senang sekali bisa bersekolah yang ruang kelasnya adalah sebuah gerbong kereta,,,, hari pertama sekolah dia menghadap ke kepala sekolah Sosuka kobayaku pak kepala sekolah memberi pertanyaan padanya dan totto chan menjawab dengan panjang lebar,setiap satu pertanyaan dari kepala sekolah dijawab dengan panjang lebar oleh tatto chan begitu seterusnya hingga 4 jam kepala sekolah mendengarkan celotehan totto chan, dengan sabar kepala sekolah mendengarkanya. hari demi hari tatto chan melewati dengan bahagia. Metode belajar di tomoe berbeda dengan sekolah pada umumnya di sekolah tomoe tidak mengikat dengan aturan sekolah bahkan para murid dapat mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka.teman-teman tatto chan pun sangat mengasikkan tanpa disadari disekolahnya yang hanya sebuah gerbong kereta ini telah mengajarkan banyak hal padanya selain dia belajar menghitung, menggambar dan menulis dia juga mengajarkan banyak hal mengenai persahabatan, rasa hormat terhadap orang lain juga kebebasan dalam berekspresi menjadi diri sendiri. Peran pak kepala sekolah kobayaku sangatlah besar dalam membimbing anak-anak muridnya, dia membangun sekolah dengan kantong pribadinya dan selalu memberikan yang terbaik untuk murid2nya dia tak pernah sekalipun marah para muridnya,walaupun anak2 muridnya melakukan hal2 yang dapat membuat nya marah. dia selalu menanamkan pada muridnya bahwa mereka anak baik, mereka anak pintar,,,beliau selalu mengucapkan itu kepada totto chan bahwa tatto chan adalah anak baik..tatto chan adalah anak pintar.. sampai pada suatu hari tomoe menjadi abu, karena serangan bom yang dijatuhkan di nagasaki dan hirosuma pada perang dunia kedua pada tahun 1945.tentunya tatto chan sangat sedih karena sekolahnya telah hancur,,,,dan impianya menjadi guru disekolah itu juga telah hancur bersama hancurnya sekolah tomoe tapi dia mendapatkan banyak ilmu di sekolah dan akan selalu dia kenang"
itulah cerita tatto chan tentang sebuah sekolah dan pendidik yang sangat luar biasa hebat, Tetsuko menulisnya dengan bahasa yang sederhana tapi sungguh mengena bagi kita semua... dulu dia pernah berjanji pada kepala sekolah kobayaku untuk menjadi guru di sekolah Tomoe tapi sekarang sekolah tomoe sudah tidak ada lage maka dia menuliskanya pengalaman pendidikanya yang sangat luar biasa itu.dan buku itu di persembahkan untuk seorang pendidik yang baik hati pak Sosuka Kobayaku.

pelajaran yang dapat diambil dari novel ini adalah:

1. kita sebagai orang dewasa jangan men-CAP anak kita sebagai anak yang nakal karena itu akan disimpan di memori mereka bahwa mereka adakah anak nakal.seharusnya kita memberinya sebutan yang baik seperti" adek baik, adek pinter" maka mereka akan percaya diri bahwa mereka itu baik, mereka itu pintar.
2. menciptakan keadaan yang nyaman dalam belajar, gunakan metode yang baik yang dapat di terima oleh anak2 yang tidak membuat anak-anak bosan dan jangan memaksakan kehendak kita kepada anak2.


okehhh semoga bermanfaat yahhh...:D
oiyah ada buku tatto chan kedua lohh..yang dikarang oleh Tetsuko yang berjudul "Tatto chan and The Children" ini juga kisah nyata Tetsuko Kuroyanagi yang menjadi Duta Kemanusiaan oleh Unicef..ceritanya menyedihkan lo kalian baca pasti kalian akan bersyukur dengan hidup.




4 comments :

  1. aku juga pernah baca lohh bagus2..

    ReplyDelete
  2. maksih kunjunganya aku dah mampir loh ke blognya...

    ReplyDelete
  3. jadi pingin baca yang kedua, btw totto-chan or tatto chan ya?

    ReplyDelete
  4. iyah maz @oen-oen diriku salah ketik hiks :(
    udah tak ganti kok hohohoho

    ReplyDelete

koment..dong dong dong!!!!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com