Senin, 31 Oktober 2011

Ciptakan APBN yang PRO POOR

Berbicara tentang anggaran yang kaitanya dengan APBN/APBD ,(Anggaran pendapatan belanja negara) Anggaran adalah pernyataan mengenai estiminasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dalam ukuran finansial. Dan tentu kita tau perolehan anggaran terbesar dipunggut dari pajak yang tentu saja itu dari rakyat,dari retribusi itu juga dipungut dari rakyat, laba BUMN pengelolaanya juga dibiayai oleh uang rakyat dan Hutang negara pun menjadi beban rakyat sungguh ironis jika angaran APBN tanpa ada tranpartasi kepada rakyat juga tak berpihak pada rakyat.


Uang negara bersumber dari rakyat, rakyat mempunyai kewajiban untuk pendapatan APBN tapi tak berhak untuk membelanjakanya, sedangkan pemerintah adalah pengelola APBN yang menjadi hak bagi rakyat. Pemeritah sebagai pengelola APBN seharusnya Pro poor atau berpihak kepada rakyat miskin, tapi kenyataanya APBN tahun 2011 ini 60% lebih anggaran negara hanya digunakan untuk menggemukkan para pegawai, juga dialokasikan untuk belanja infratruktur. Gimana tentang anggaran di sektor pendidikan, pertanian, kesehatan dll. Menurut kemenkeu (Kementrian Keuangan Republik Indonesia) pemerintah mengajukan pendapatan negara dan hibah RAPBN 2011 sebesar 1.086,4 triliun dan belanja negara sebesar 1.202,0 triliun sehingga defisit sebesar 115,7 triliun.Seharusnya belanja negara bisa dihemat,tetapi faktanya APBN negara defisit? Trus kalo seperti ini mau ngutang lagi?? Utang negara rakyat juga yang harus menanggungnya bukan?


Sebagai masyarakat juga mahasiswa seharusnya kita bisa berontak tentang anggaran APBN, selama ini dokumen APBN dianggap sebagai dokumen rahasia, Sejak undang-undang keterbukaan informasi masyarakat juga berhak mengetahui tentang pengalokasian dana APBN. Pemerintah harus transparan tentang pengalokasian dana APBN dan APBD, masyarakat juga berhak dilibatkan dalam semua aspek yang terkait dengan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan anggaran. Mungkin masyarakat awan tidak akan ambil pusing memikirkan tentang pengalokasian dana APBN dan APBD, masyarakat sibuk dengan hidupnya sendiri-sendiri untuk makan besok saja pusing memikirkanya apalagi harus ikut-ikutan mengurusi pengalokasian dana APBN, tapi kita tak boleh hanya berpangku tangan buka mata kita bahwasanya masyarakat kita telah diinjak-injak oleh para koruptor yang semakin merambah di negeri kita ini.Pengalokasian dana APBN harus tepat sasaran yaitu untuk memakmurkan rakyat.

Kita juga harus ikut memonitoring dalam pelaksanaan kebijakan anggaran. Apalagi dengan rencara DPR yang akan membangun gedung baru yang dianggarkan menghabiskan dana APBN sebesar 800 miliar itu juga adalah sebuah pemborosan anggaran APBN, padahal rakyat indonesia telah dililt oleh kebodohan dan kemiskinan. Daripada digunakan untuk pembangunan gedung baru yang bukan utama lebih baik untuk mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan kebodohan.Kita juga harus berani berontak Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pihak yang melakukan gugatan dalam koalisi CSO untuk APBN kesejahteraan rakyat yang diwakili oleh FITRA (Forum indonesia untuk tranparansi anggaran) menggugat DPR dan pemerintah soal pembangunan gedung baru DPR, dan akhirnya gugatan itu membuahkan hasil bukan? Rencana pembangunan gedung DPR akhirnya dibatalkan, para mahasiswa saja bisa menggulingkan rezim berkuasa Soeharto,kenapa kita tidak bisa ikut andil dalam memonitoring anggaran negara? kalo kita masyaratkat dan mahasiswa ikut andil dalam urusan negara sebenarnya kita bisa, bersatu untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera tanpa para tikus- tikus anggaran yang selalu menggerogoti hasil rakyat.

Minggu, 16 Oktober 2011

BOWLING KING

Siapa suka komik??aku suka lohhh...aku cuma mau share nich ma temen2 klo aku suka bnget ma komik ini komik paling kocak yang pernah aku baca komik bowling king,komik dari taiwan yang bikin aku ketawa2 sendiri kayak orang gila...

Tarang ay sang pengarang berhasil membuat pembacanya ketawa sambil guling2 ini memang sungguh hebatlah,,klo kalian baca walaupun suasana hati lagi sedih habis diputusin pacar bowling king nich obatnya.dengan karakter2 yang hampir kocak semua membuat komik ini tambah seru. Bercerita tentang Lei Xiaotie seorang remaja urakan yang selalu membuat ulah yang terjun dalam dunia bowling demi mengejar gadis pujaan hatinya Lin Zizhen.Lei Xiaotie ingin mengikuti pertangdingan tangan sakti yang berhadiah jutaan demi membayar utang2 dari keluarga Lin Zizhen yang ditinggal pergi oleh kakaknya yang meninggalkan hutang yang sangat banyak.

Walaupun baru satu terjun di dunia bowling tapi Xiaotie sudah menunjukkan bakatnya dalam dunia boowling dia langsung bisa menirukan teknik pebowling2 dunia.Demi cintanya pada Zizhen dia belajar mati2an untuk pertandingan2 yang dia ikuti,dengan usaha kerasnya demi menakhukkan hati gadis yang dicintainya meskipun demikian zizhen masih belum bisa menyukai Xiaotien yang Sok kePe-dean dan gak tau malu dan suka melakukan hal seenaknya...
batu bisa berlubang dengan tetesan air yang terus menerus begitu juga dengan hati Zizhen lama2 akan luluh juga dengan segala pengorbanan yang Xiaotien lakukan untuknya..

yang bisa diambil dari komik ini adalah sebuah pengorbanan dan kesabaran dapat akan berbuah manis juga.tapi komik ini belum tamat sampai saat ini masih di seri 21 padahal terakhir aku baca sekitar 1 setengah tahun yang lalu lohh..belum ada seri terbarunya...
Tarang ay kmana ajjah sich kamu kenapa membuat penasaran para pengemarmu hiks...hiks..tadi aku sempet browsing klo bowling king udah sampai seri 24 tapi kok belum nyampe indonesia yahhh??
padahal lagi seru2nya udah mau tanding di pertandingan tangan sakti pokoknya aku tunggu kelanjutanya.... :D

Sabtu, 15 Oktober 2011

TAMAN PINTAR

Huahh,,,,,sungguh seneng dech kalo jalan2 tuchhh..tapi gak cuma jalan2 ajjah tapi ada ilmunya hihihi tadi aku baru ajjah jalan2 ama temenku si mayang kawaiii. Karena kita begonya gak ketulungan akhirnya kita memutuskan ke taman pintar biar sedikit pintar Gitu lahh..
di Yogja ada area bermain yang mendidik yaitu Taman pintar di jalan panembahan senopati yogyakarta deket alun2 di nol km,deket malioboro, deket pasar bringharjo,Klo dri jln malioboro belok kekiri ajjah ntar nyampe dechh. Taman pintar adalah tempat untuk anak-anak bermain,belajar dan kreatif dalam bidang saint dan teknologi wahana semacam taman pintar
ini dibangun oleh gabungan swasta dan pemerintah provinsi DI Yogyakarta yang pembangunannya dimulai sejak Mei 2006 dan diresmikan pemakaiannya oleh dua menteri yakni Menristek Kusmayanto Kadiman dan Mendiknas Bambang Sudibyo pada 9 Juni 2007.

yahh walaupun sebenarnya taman pintar dipertukkan buat anak2 sichhh,yahh anggap ajjah aku masih anak2 hehehe,,,abisnya sayang soale aku kan dapet voucer gratis masuk Taman pintar sisa dari kepanitiaan lomba menulis surat untuk ibupanitia juga kecripatan dapet voucernya...kan sayang lo gak dipakai kan??disini kita dapat mempelajari segala hal, Taman pintar terdiri dari 3 gedung yaitu gedung oval dan kotak, gedung memorabilia dan gedung PAUD.gedung oval dan gedung kotak adalah yang paling gede ditaman pintar disini menampilkan berbagai wahana dan peralatan peraga berbasis edukasi sains yang sangat menyenangkan dan dapat diperagakan oleh para pengunjung pertama kali masuk gedung oval langsung disuguhi sama patung2 prasejarah seperti dinosaurus t-rex,sama manusia2 purba gtu.

T-rex

kemudian masuk lagi ada pojokan kreatifitas,juga pojokan sains dan budaya,dan ada jembatan sains di jembatan sains di dinding2 jempatan terpampang tokoh2 terkenal dalam bidang sains dan teknologi seperti issac newton,enstein dan bnyak tokoh lainya,juga ada planet2 yang terpampang dsitu mulai dari merkurius,venus,bumi,mars, yupiter,saturnus,uranus,neptunus tapi plutonya gak ada lo aku kan ngefans bnget ama venus karena karakter komix sailor venus jadi aku ngagap driku venus gtu.kan venus deketnya ama bumi soalnya venus udah putus sama mars dan venus sekrang cintany sama bumi makanya aku poto sama bumi coz aku cinta bumi hehehe...tapi aku juga poto sama venus heeh
si venus dan pacarnya bumi
si venus dah nyampe atas lgi cri si moon.

Sampai keatas kita bisa lihat bnyak bnget wahana2 yang seru,ada tv plasma bnyak bgt berbentuk kubus, ada simulasi gempa ada simulasi tsunami,ada tenaga kayuh yang menghasilkan listrik,ada pendeteksi radiasi,ada tempat untuk mengetahui bagaiman apengolahan susu, ada hutan kelapa sawit dan di setiap tempat2 itu disedikan tv plasma tentang menjelaskan tentang bagaimana proses pembuatan susu bagaimana proses penanaman kelapa sawit dll.
si kawai lage meras su2 dilihatin ma gundul2 gak jelas hahah
si kawai cari radiasi

kemudian kita lajut ke tempat yang berbau budaya2 gtu dechh..ada batik, ada gamelan ada miniatur candi borobudur juga, setelah kita nuter2 gak jelas dan akhirnya capek bnget kita memutuskan udahan ke gedung ovalnya.

trus ada gedung memorabilia dsini menampilkan peralatan yang berbasis pengetahuan sejarah indonesia yakni sejarah kebudayaan pakualaman yogyakarta ,tokoh2 pendidikan dan tokoh2 presiden Republik Indonesia dari presiden yang pertama hingga saat ini.aku poto ama tokoh yang presiden yang aku sukai yaitu presiden pertama pak Soekarno dan juga presiden kontroversial Gusdur

Ada gedung PAUD tapi kita gak masuk kesitu,soalnya malu udah sebonsor ini mosok masuk ke tempat anak2 PAUD yaudah kta akhirnya udahan dechh cos udah laper bget sich,untuk menunda lapar trus kita bli permen lolipop ama es cream haduh udah kayak anak kecil bnget kan kita yahh emang dasar anak2 masa kecil kurang bahagia hahaha...

setelah PUas..puas.puas kita Cri makan dech makan ramennn huahhh enyak2 enyak2
muka kelaperan.

ok sobat keep bloging yahhh walaupun ngeblog buat pamer habis jalan2 gpp yang penting berkreasi..keep bloging sob.



Minggu, 09 Oktober 2011

Lama tak bersua :)

wahhhh..minggu pagi yang cerah yahhh...secerah hatiku :D hallow moon hallow sobat lama tak bersua yahhh???maap yahh 2 minggu ini aku lage kranjingan baca hahaha udah 2 novel sama beberapa judul komik aku babat habis dahhh...hahaha.selain itu aku sibuk ngurus ppl juga sibuk jalan2 ke jakarta hahaha..pdahal asline yo gur kondangan neng jakarta tapi yo sekalian jalan2 gtu dechhh..hihihi

capek sich iyahhh,tapi seneng gtu bisa jalan2 gratisan, besok senin aku harus mempersiapkan diri buat hari pertama aku ppl semoga menyenangkan dechhh bertemu dengan orang2 baru, dan dengan pengalaman baru pastinya,,,sekarang aku kerjane di warnet cma week end ajah sabtu sama mingggu online gratisan,hehehe..pokoknya yang berbau gratisan aku suka...


aku kemaren pas lagi kranjingan baca, pinjem komix dirental juga gratis hihihihi....secara teman akuh yang jaga rental,yahh itulah manfaatnya punya banyak teman. mkanya kita harus banyak teman,lo bnyak teman kan banyak yang gratisin hihihi..kata orang jawa "akeh konco akeh rejekine" bener banget kan kata2 ituh??klo kita banyak teman banyak rejekinya. makanya kita klo berteman harus dengan siapa ajahh tanpa memandang status dan sebagainya...

ya udah gtu ajah ya sobat cuma sekedar menyapa saja kok hahahah...:)

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Google+ Followers