Kamis, 10 September 2015

Liburan ke museum, Kenapa enggak? at Museum Bank Indonesia

Museum bisa menjadi salah satu alternatif untuk liburan murah, selain bermanfaat dan menambah ilmu. Museum juga bisa menjadi tempat yang mengasyikkan untuk menghabiskan akhir pekan loh, Kebetulan saya diberi tugas untuk mengantarkan mahasiswa yang sedang mengadakan kunjungan ke Bank Indonesia dan di teruskan ke Museum Bank Indonesia, Perjalanan kali ini sangat bermanfaat bagi aku yang awam terhadap perbankan dan jalan-jalan ke museum Bank Indonesia telah sedikit membuka wawasan saya tentang perbankan, biasanya kan berkutat dengan perpustakaan hehe

Museum Bank Indonesia beralamat di Jln. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta, tepatnya dekat banget sama Kota tua Jakarta Kota kalo dari stasiun Jakarta Kota dari pintu keluar sebelah utara jalan ke kanan dikit juga nyampe, Museum Bank Indonesia buka dari Selasa-Minggu Untuk hari senin dan hari libur nasional libur. Dibuka mulai jam 08.00-16.00, Untuk Tiketnya bagi pelajar atau mahasiswa GRATIS dengan menunjukkan kartu pelajar/kartu mahasiswa dan untuk orang dewasa cukup dengan 5rb Rupiah saja. Bagi rombongan Pelajar atau mahasiswa yang ingin ke Museum Bank Indonesia juga gratis dan diberi tour guide gratis asalkan memberi konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola Museum Bank Indonesia.

Nah waktu kita kesana memang rombongan mahasiswa Perbankan syariah Fakultas Agama Islam Unisma Bekasi. Saya bertanggung jawab membawa rombongan dan mengkonfirmasi pada pihak pengelola museum dan saya juga yang mengambil tiket bagi rombongan dan membagikanya kepada mahasiswa yang datang, rombongan berjumlah sekitar 70 orang. Saya beserta dosen yang mengantar sudah datang duluan dengan mobil sendiri, sedangkan mahasiswa  datang belakangan, Karena macet rombongan mahasiswa yang naik bus datang agak telat dan tour guidenya sudah pulang, yahh sebenarnya sayang seh, rombongan datang sekitar jam 3an dan jam tutup museum jam 4 sore, jadi kalo rombongan sebaiknya datanganya jangan terlalu sore agar bisa dipandu oleh tour guidenya yah,,

Tiket masuk Museum
Waktu buka

Setelah menerima tiket kita masuk ke dalam museum jangan lupa tas dititipkan dahulu, karena dilarang membawa tas makanan dan minuman ke Museum, memasuki ruangan museum kita disuguhi dengan film pendek tentang sejarah bank Indonesia, nah disini rasanya seperti nonton di bioskop.
Film dokumenter tentang sejarah Bank Indonesia
Kemudian memasuki ruangan Bank Indonesia, agak gelap seh kalo mau foto diharapkan memakai blizt biar kelihatan terang. Dengan penyajian yang menarik di dalam museum kita bisa belajar dan membaca sejarah. Fakta- fakta sejarah disajikan dengan berbagai miniatur patung-patung serta display-display yang disajikan secara menarik di museum ini.






Foto bersama mahasiswa ngeliriknya kemana-mana soalnya yang potoin banyak hahah
Bangunan di museum Bank Indonesia menurutku bagus-bagus loh, bangunanya warisan Belanda jadi klasik2 gitu trus arsitektur masjidnya juga lucu bentuknya kotak, kemarin sempat solat di masjidnya dan saya tertarik sama arsitektur bangunannya. jadi saya fotoin dehh.... 


Masjid Museum Bank Indonesia

MUSEUM BANK INDONESIA
Alamat : Jln. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta
Tlp      : 021-2600158
fax      : 021-2601750
web     : http://www.bi.go.id/en/tentang-bi/museum/Default.aspx
Tiket Masuk   : 5 K Bagi Pelajar dan mahasiswa gratis
Jam Buka       : Selasa- Minggu 08.00-16.00
Libur             : Senin dan Hari libur Nasional






10 komentar :

  1. Saya pernah ke kota tua, tapi nggak kepikiran buat mampir ke museum BI, gimana tuh?? Salahkah diri ini??. Padahal mah deket banget ya. Saya suka pas liat bangunan Masjidnya keren.... Kapan-kapan mo nyoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mas tinggal jalan aja juga nyampe...

      Hapus
  2. wah tempat yang sangat bersejarah sekali yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Boleh dicoba untuk liburan akhir pekan

      Hapus
  3. liat logo-logo lamanya keren-keren ya. yg sekarang terlihat seperti sederhana gtu,

    ah, gratis. emang grtisan itu yang paling enak ya
    sayangnya saya di sumatera gk bisa liburan ke sana meski penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ara orang sumatera?main main sini ke jakarta,,

      Hapus
  4. dulu sempet mampir sih,,, tapi ke mesjidnya doang,,, soalnya udah ke maleman... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masjidnya unik yah bentuknya kotak hihi

      Hapus
  5. Waduh saya belum pernah ke tempat ini, meski kesini neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbk buat referensi kunjungan waktu week end

      Hapus

koment..dong dong dong!!!!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Google+ Followers