Tuesday, November 1, 2011

perjuangan kondangan pernikahan putri raja

Tentunya masih ingetkan kemeriahan pesta pernikahan kanjeng ratu bendoro dan dan kanjeng pangeran Haryoyudonegaro?. pernikahan putri raja Sultan Hamengkubuwono X.Pernikahan yang masih menjunjung tinggi budaya keraton, inilah yang membuat jogya istimewa. pernikahan adat keraton tetap dilaksanakan sesuai tradisi2 sebelumnya ,ditengah zaman modern tapi tak mengikis tradisi upacara pernikahan keraton.kemeriahan pesta yang disambut oleh ribuan jogja termasuk saya...ini critane aku mau crita tentang the royal wedding of java, sekalian ikut give awaynya si una lanjut ya cooii..

Prosesi-prosesi telah dilakukan selama 4 hari berturut2, konon katanya dulu pernikahan di kraton dilaksanakan sampai 40 hari 40 malam berturut-turut, karena zamanya sudah berbeda pernihan putri raja ini cuma dilaksanakan selama 4 hari saja tanpa mengurangi tradisi2 yang selalu dilakukan pada keturunan raja sebelum-sebelumnya. kalo zaman sekarang mau nikahan 40 hari..waduuhh habis dwit berapa itu??hehe

banyak prosesi2 yang dilakukan dalam pernikahan keraton seperti
  1. Prosesi siraman,
  2. Tantingan : putri ditanya kesiapanya untuk menikah)
  3. Midodareni: malam sebelum upacara pernikahan dilakukan.katanya malam itu malam dimana pengantin wanita menunggu bidadari turun ke bumi),
  4. Ketika upara penikahan ada prosesi Edan2an: sebelum pengntin datang ada prosesi edan2an yang dilakukan oleh abdi keraton yang berguna untuk mengusir roh jahat.
  5. Pengantin wanita membasuh kaki pengantin pria: pengormatan seorang istri terhadap suami
  6. Pondongan : pengantin lelaki mengendong pengantin perempuan yang dibantu oleh paman dari pengantin perempuan.
  7. Pengantin diarak dari keraton ke bangsal kepatihan.
trus apalagi yahhh..pokoknya seperti itu yang aku tangkap dari nonton acara live pernikahan putri raja ini yag disiarkan secara langsung oleh Jogja TV.Semua prosesi yang dilakukan di live kan. Prosesi ijab kabul pun menggunakan bahasa jawa alus atau bahasa jawa yang paling halus.
karena aku belum pernah lihat gimana putri raja diarak dengan kereta kencana, aku kan penasaran tuchhh...aku kan juga pengen lihat langsung gak cuma lihat di TV doang, akhirnya aku memutuskan untuk ngajakin si hempu2 ngelihat putri raja diarak.

Di sepanjang jalan malioboro juga terdapat 200 angkringan gratis yang disediakan dari kraton untuk para warga yang menyaksikan kirab pengantin tahu angkringan kan??klo gak tau ke jogja aja dechh bejibunn,,tur yo murah meriah. Sebenarnya aku pengen dateng awal gtu ke jln malioboro tappi berhubung aku lage ppl dan pulngnya jam 3 jadi aku brangkat dari tempat ppl jam 3 dan ternyata baru nyampe jalan mataram saja sudah penuh sesak motor2 yang parkir,karena memang jalan malioboro ditutup,untuk acara kirap putri raja.

aku ama hempu2ku berjuang untuk dapetin tempat parkir antrinya ya ampun puanjang banget,,,,setelah setengah jam berjuang buat dapetin tempat parkir akhirnya dapet juga ,tapi kita harus jalan dulu menuju ke jalan malioboro lewat pasar bringharjo.disitu serasa berada di lautan manusia semua orang berbondong2 buat menyaksikan putri raja yang akan diarak ke kepatihan
sampai di jalan malioboro ya ampun-ampun dech di sepanjang jalan sudah buanyak bnget manusia disitu, aku gak dapet tempat deh buat lihat purinya lewat,banyak orang2 yang naik pohon,naik pager,naek atap gapuro biar bisa kelihatan pas putrinya lge lewat,,,pas aku nyampe untung juga putri dan rombongan keraton belum lewat,rencana mau cari angkringan gratis dulu dechhh soale udah kelaperan gtu dech, akhrinya aku ma hempu2ku lihat ada kerumunan orang yang mngelilingi gerobak,wahh ya pasti itu angkringane,,,trus aku coba mendekati akringan tersebut dengan umpek2an dengan warga laen,ehh nyampe depan gerobak ternya habis tinggal minuman teh doang itupun buat rebutan gtuu.
aku potonya diatas pagerr..gak klihatan yahhh
antusianisme warga

akhirnya gak jadi aja dechh ditahan dulu lapernya, aku nungguin di pojok belakang sendiri and otomatis gak bakal kelihatan kalo putrinya lewatt,padahal aku pengen banget lihat rombongan keraton dan putrinya,nahh pas putri dan rombongan lewat aku bingung sendirii...aku pengen lihat tapi gak bisa lihat ketutupan ma manusia yang di depanku bunyak bnget,akhirnya hempu2ku bilang
"kmu naek aja ke punggungku trus naek pager ntar aku yang pegangin" katanya
hah??aku kagetlah msok aku suruh naek pager kyak cow2 yang pada naek pager, tapi karena rasa penasaranku yang hebat putri rajanya udah lewat aku langsung naek ke punggu hempu2ku dechh gak urusanlah walaupun cew gpp yang penting bisa lihat putrinya hhihihihi..

dan akhirnya aku bisa lihat putri dan pangeran yang melambaikan tangan ke ribuan rakyatnya,,hahahah...walaupun cuma sekilas and dikit bnget bisa lihat putri dan rombongan diarak aku udah puasss,,puass, dan puasss,,,
dan yang kudapat capekk..laperr dan hauss..tapi pastinya juga bahagia...
itulah pengalaman pertamaku kondangan di putri raja..

Photobucket




12 comments :

  1. Wkwkwk kirain dapet undangan~ :p

    Segera kumasukkan yaaa, terimakasih atas partisipasinyaaa

    ReplyDelete
  2. moment yang sheno lewatkan dan menyesal -,- seru banget kayanya denger dari cerita orang-orang.

    ReplyDelete
  3. hihihi untung badanmu kecil yak.. kalo gak, hempu2nya pingsannn :))

    moga menang yaaa

    ReplyDelete
  4. Kasian donk nggak dapet angkringan...kalo saya kebagian nasi padang lho..trus liat pengantinnya juga jelas tuh..(terang aja orang yg berjuangnya kameramen TV sementara saya nonton di rumah he he...)..Salam kenal!!

    ReplyDelete
  5. jogja emang ya loyalitas ama keraton masih sangat tinggi, jogja juga bikin betah.

    ikutan saingan juga nih.... mga suskses.

    ReplyDelete
  6. @una: dimenangin ya na,,,hihihi
    @sheno: iya seru bnget sheno...seneng lihatnya heheh
    @nia: mang tau lo aku kecil??padahal aku gembrot lohh hahaha..biar pingsan ajah sekalian si hempu2ku hihi
    ndiel2:huuu nontonya drumah og yo ya jelaslahh..lam kenal juga yahh
    baha andes: iyaw baha di jogja enak dechh..kota idaman pokok'e hehe

    ReplyDelete
  7. ahhhhh... aku ngak lihat, ngepasi pas pulang kampung :(


    dapet tangatangannya ngak? bisa poto bareng? :D J

    ReplyDelete
  8. tandatangan apaan jew..heheh cuma bisa lihat dari jauhhh...itupun naek pager hihihi

    ReplyDelete
  9. Salam, halo Nduk ktemu drimu lagi, hehehe sy bakal jdi pngunjung pling stia nih, sayang saya ngga bs hadir The Royal Wedding of Java ini, mlah hadir di The Royal Wedding of England (mimpi kali) wkwk. Yah berkesan bgt yah acarnya pasti, smpai2 ini mnjdi salh stu moment historis di Jogja tentunya. Oya Link blog drimu sdh sy pasang kuat2 di blogrol sy, pku kuat2 jg yh link blog sy. Tetaplah berbagi utk manfaat ^_^

    ReplyDelete
  10. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, ditunggu update terbarunya :) salam.

    ReplyDelete
  11. jadi kangen yogya, pernah kesana juga sekali doang pas SMA :(

    Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011 KLIK -->
    http://www.streetdirectory.co.id/sdi/

    ReplyDelete

koment..dong dong dong!!!!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com