Wednesday, November 9, 2011

Pelatihan advokasi & tranparansi anggaran

Ini tentang pengalaman yang seminggu yang lalu aku alami, pengalaman 3 hari yang tak akan pernah aku lupakan. banyak ilmu yang kudapat, temanpun bertambah pula....sebuah kebersamaan yang singkat namun memberikan bekas manis yang selalu teringang dalam ingatan. Entah ini sebuah kesempatan atau apalah namaya dan sering banget aku mendapatkan sebuah pengalaman yang menarik dalam hidupku,,,,Tuhan juga telah mengijinkan aku untuk sedikit membuka pikiran dan hatiku untuk melihat ketidakadilan yang ada di negri tercinta ini.

Negri yang sebenarnya aku banggakan, kadang aku masih sering merinding mendengarkan lagu2 kebangsaan yang jarang aku mendengarnya, ini loh lagunya

kulihat ibu pertiwi
sedang bersusah hati
air matamu berlinang
mas intanmu terkenang
hutan gunung sawah lautan
simpanan kekayaan
kini ibu sedang susah
merintih dan berdoa

Sering merinding dan rasanya pengen nangis gitu dechh dan inilah memang keadaan bangsa kita, bagaikan seorang ibu yang telah didurhakai oleh anaknya sendiri,ibu pertiwi telah dihiyanati dengan banyaknya kasus suap yang susah menjadi tradisi, korupsi merajalela. Mereka sibuk dengan urusanya sendiri presiden sibuk merefusel kabinet,anggota DPR sibuk membuat undang-undang, Para mentri sibuk memperkaya diri,PNS sibuk menikmati gaji buta yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. tobat..tobat ya Allah..
kulihat ibu pertiwi
kami datang berbakti
lihatlah putra-putrimu
menggembirakan ibu
ibu kami tetap cinta
putramu yang setia
menjaga harta pusaka
untuk nusa dan bangsa
Mungkin hanya sedikit putra-putrimu yang mau berbakti padamu ibu pertiwi. Mereka masih mau berkorban untukmu ibu pertiwi, masih mau melihat dan membantu sesamanya,masih mau berkorban pikiran atau materi, dan masih mau mengurusi kebobrokan negri ini...semoga anak2 negrimu yang berbakti setidaknya bisa membuat ibu pertiwi tersenyum bangga dan bahagia. aminnnn...

okedachhh...sudah yah melow2nya,,kembali ke ceritaku yang tadiii..tiga hari yang penuh dengan ilmu baru,teman baru dan tentunya gebetan baruu ahhihihihihi...ora ding aku udah punya hempu" jew.Bertempat di hotel galuh prambanan selama 3 hari tanggal 25-28 oktober aku telah dibukakan pikiranku untuk sedikit menengok tentang anggaran yang ada di negri kita ini, tentang anggaran APBN dan APBD....Anggaran di negeri kita diibaratkan sebagai sebuah gentong besar yang pada hakekatnya diperuntukkan untuk rakyat, tapi sebelum sampai kepada masyarakat yang membutuhkan banyak kebocoran2 disana-sini dan air gentong yang seharusnya penuh diberikan untuk rakyat hanya tinggal seperempat gentongpun gak ada... miris bukan keadaan seperti ini.Uang APBN 60% lebih digunakan untuk menggemukkan para pegawai 20% digunakan untuk bayar utang negara 10% untuk pembangunan infratruktur,,trus bagaimana dengan rakyat kecil? bagaimana dengan petani ,pedagang kecil, nelayan???meraka dapat apa dari sisa APBN itu?pengalokasian APBN yang tidak memihak pada rakyat miskin.

kasian rakyak kita yahh...Padahal pendapatan APBN paling besar berasal dari pajak rakyat.Udah miskin, dibebani pajak, and gak dapet apa2...aku ini contohnya,,udah miskin,kere, horeee....hehehe. Tapi walaupun miskin tetap senyum nohhh,,hohoho :))

selama 3 hari hotel kita dijejali dengan materi2 soal anggaran, dan tentunya dengan data2 yang falid juga lohhh karena acara pelatihan ini diselenggarakan oleh FITRA(forum indonesia untuk tranparansi anggaran) fitra inilah yaang membuat DPR gak jadi membuat gedung megah yang rencananya akan dibuat dengan anggaran APBN, Karena fitra menggugat DPR dengan mengandeng banyak lembaga2 yang peduli rakyat tentunya dan akhirnya gedung DPR tak jadi dibangun kan?kita dikasih materi sapa pak Ucok sky kadafi yaitu ketua FITRA,,,,

Haduhh ketemunya juga ama orang penting lagi ini...seneng rasanya MOON...
kenal ama peserta-peserta lain juga gak cuma mahasiswa aja yang jadi peserta tapi juga banyak bapak2 dan ibuk2 yang masih aktif dalam menuntut keadilan di negri yang morat marit ini.
aku salut banget lohh sama bapak2 ma ibuk2 yang ikut pelatihan..mereka saja masih punya semangat menggebu-gebu untuk membela rakyat miskin kenapa kita sebagai mahasiswa tidak bisa..???aku bisa aku bisa dan aku yakin bisa..

sebuah keberuntungan juga aku kenal sama mereka2 itu....kebersamaan kita yang singkat itu akan terus berlanjut dengan usaha-usaha kita untuk membela rakyat miskin.kamren baru saja mereka melakukan audiensi di DPRD klaten untuk menuntut pendidikan murah.heheh salut..salut,,,aku kangen ama mereka,,,,hiks :((
Kegembiraan juga tercipta dalam pelatihan kemaren, diskusi bareng, makan bareng, jalan2 bareng(walopun cuma deket hotel), renang bareng, karaokean bareng, tidur barengg upppss... salah tidur ya dikamar masing2lahh..hehehe gak bareng2 lohh.


   NB: nie poto2 kemaren
*kita renang bareng, makan malam bareng, mikir bareng, narsis bareng, diskusi bareng.....









semoga di pelatihan ini aku bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga dapat mnerapkanya kepada masyarakat amin...:))

2 comments :

  1. kyaknya seru itu,bahas tentang anggarn APBN dan APBD...LANJUTKAN

    ReplyDelete
  2. seruuuuu banget taukkk..

    ReplyDelete

koment..dong dong dong!!!!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com