Tuesday, December 29, 2015

Maccu Picchu nya Indonesia, Gunung Padang Cianjur

Peninggalan zaman Megalith
Kalo Magelang punya Borobudur, Cianjur punya Gunung Padang. Situs Megalitikum Gunung Padang terletak diperbatasan dusun Gunung padang dan Panggulan, desa karyamukti, kecamatan cempaka kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 km dari persimpangan kota Warung Kondang, di jalan antara kota Cianjur-Sukabumi. Gunung padang merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Penelitian terpadu mengenai situs gunung padang dilakukan sejak 2011, Bangunan punden berundak di Gunung padang mencerminkan tradisi megalitik (Mega berarti besar dan litos berarti batu).

Penasaran seperti apa gunung padang itu yang katanya seperti Maccu Picchu di Peru, pernah berkhayal bisa ke Maccu picchu karna belum bisa kesana yah ke Cianjur dulu aja deh ke Gunung padang. Perjalanan dari Bekasi ke Cianjur cukup memakan banyak waktu sekitar 6 jam dengan motor, aku kira cuma sekitar 3-4 jam nyampe Cianjur, lahhh ternyata jauh binggo. Kita berangkat dari Bekasi melewati Jonggol kemudian tembusnya Rawakalong trus menuju Cianjur ngikutin aja jalan raya yang menuju Cianjur-Sukabumi. Kalau sudah dekat dengan daerah Pasar Warung kondang tempatnya tidak jauh dari situ, nanti ada petunjuk jalan yang menunjukkan ke Situsnya, Aku kira dari jalan raya menuju situnya tidak jauh ternyata memakan waktu sekitar 1 jam lebih naik menuju situs, padahal nih pantat udah pegel banget.

Jalanan menuju ke situsnya ternyata tidak semulus yang saya pikirkan, jalannya banyak yang berlubang dan ada yang belum diaspal, tapi pemandangan di 1 km sebelum situs lumayan menyegarkan mata, banyak pohon teh yang hijau, walaupun jalanya lumayan mengocok perut.


Mendekati situsnya akan ada gapura yang bertuliskan Situs Megalith Gunung Padang Cianjur, itu tandanya kita sudah nyampe, tinggal cari parkiran untuk mobil bisa parkirnya di bawah dan harus jalan atau ngojek untuk naik keatas, untuk motor kita bisa parkir diatas, aku pikir Situs Gunung padang masih sepi, ternyata sudah banyak orang yang mengetahui tentang gunung padang karena saya waktu kesana lumayan rame, padahal dengan medan yang lumayan menguras emosi juga untuk sampai kesini.

Gapura pintu masuk situs
Setelah parkir langsung beli tiket masuk harga tiket masuknya sekitar 4K kalo gak salah. Pokoknya gak sampai 5K deh dan kita diuji lagi dengan harus naik tangga untuk menuju keatas lumayan bikin sesak napas ngehh ngehhan.

Pakiran


Naik naik ke puncak gunung

Sampai diatas, pemandangan yang kita lihat pertama kali adalah batu-batu yang panjang dan besar yang memenuhi area sekitar situs, pemandangan dari atas juga lumayan bikin mata kita seger, tapi panasnya kagak nahan, saya sarankan kalo kesini bawa payung aja biar gak kepanasan.Ada menara pandangnya jadi kita bisa lihat pemandangan dari atas.
Foto diambil dari menara Pandang









Ke Gunung Padang JUNI 2015

Transportasi  : Saya sarankan kalo kesini jangan pakai transportasi umum karena untuk mencapai gunung padang tidak ada transport untuk keatas gunungnya, sebaiknya pakai kendaraan pribadi Mobil atau motor, kalo gak punya bisa rental dulu hehe.
Dari Bekasi   : Kalo pake motor bisa lewat jonggol kemudian tembus rawakalong menuju jalan ke arah cinjur-sukabumi, Bisa juga lewat Bogor-Cianjur-Pasar Warung kondang-Plang Situs Gunung padang-Naik ke Gunung Padang.
Biaya Masuk   : 4K
Disini juga ada air terjur yang  namanya Curug Cikondang.

23 comments :

  1. Woh keren nih tempat, wajib visit nih kalau main ke cianjur. Oh iya. Kalau sewa motor disana berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau kalo harganya,gak sempat tanya :)

      Delete
  2. itu foto nya ambil sendiri? kok di foto kesannya serem amat yah...

    ReplyDelete
  3. liburan jadi pengin ke gunung padang :D

    ReplyDelete
  4. Wah di Cianjur ada wisata Gunung Padang, malah baru tahu.

    ReplyDelete
  5. Bisa nih buat referensi tempat liburan.
    tapi lebih penasaran lagi sama Curug Cikondang'a

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya loh, tapi btw itu memang keadaan batunya sudah berserakan seperti itu ya??

    Jauh juga ya perjalanannya sampe 6 jam lebih...

    ReplyDelete
  7. Gunung padang itu kalo di lihat dari kejauhan mirip seperti piramida, keren deh pokoknya .... Saya belum penah ke tempat ini, mesti di coba nih :D

    ReplyDelete
  8. Wah really - really very beautiful these sights, as I saw it I so wanted to visit cianjur there, it may be in this mountain I can only see on TV and the internet, but after I saw the picture of your blog I was challenged to view it directly, thank you for the information ... o yeah apologize in advance, let me also share about the design house of my modest blog especially 3 Sample Model minimalist design Type 45 The Beauty, hopefully inspired the design of this house ... greetings and success always ... amen

    ReplyDelete
  9. Sangat bagus sekali neh gan,,,jadi pengen kesana neh..



    ijin berbagi juga ya gan...Tips Dan Cara Mudah Mendownload Lebih Cepat Dengan UC Browser Di Android. newponsel.com...terimakasih.

    ReplyDelete
  10. keren tempatnya, bisa buat referensi juga nih :)

    btw, salam kenal ya..
    dintunggu bertamunya :)

    ReplyDelete
  11. saya turut berduka cita, info aneka tenda , klik:Tenda Kerucut Murah

    ReplyDelete
  12. wow sangat menarik sekaliii infonya kk

    ReplyDelete

koment..dong dong dong!!!!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com